Sunday, May 2, 2010

AsaL UsuL LauT MeRah

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Entry kali ini aku ingin mengajak kalian semua mengenali apa itu Laut Merah???
Apakah sejarah2 yang telah berlaku di sini...

LAUT MERAH..??? Apa tu!!!!

Laut Merah adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan
benua Asia dan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Laut ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan coral. LauT MeraH

Wah.., cerita tentang Laut Merah juga unik juga. Banyak peristiwa alam yang membuatkan Laut Merah sesuai dinamai sebagai Laut Merah. Misalnya bagi ahli geologi saat ini, Laut Merah itu mirip bayi yang baru lahir. Kamu tahu kan kulit bayi yg baru lahir berwarna merah? Nah Laut Merah termasuk laut yg baru lahir di Planet Bumi.


Laut Merah baru terbentuk 55 juta tahun lalu, saat daratan Afrika terpisah dari daratan Arab. Saat daratan Afrika berpisah, terbentuklah cekungan yg terisi air dari laut Atlantik. Jadi bagi ahli geologi, nama Laut Merah sangat tepat. Kerana terjadinya Laut Merah mirip bayi yg masih merah kulitnya.


Eh, nama Laut Merah bukan hanya berasal dr ahli geologi saja tau. Nama itu sudah ada sejak zaman kuno, sekitar 2500 SM. Orang kuno menamai Laut Merah, karena Laut Merah berwarna merah pada musim tertentu.


Warna merah itu gara2 ganggang laut Trichodesmium erythraeum yang mati. Di hari2 biasa Laut Merah warnanya biru kehijauan. Orang kuno juga menamai Laut Merah kerana di sekitar Laut Merah ada pegunungan bertanah merah. Namanya pegunungan Edom.


Laut Merah juga terkenal kerana Nabi Musa membelah Laut Merah jadi jalan ketika Firaun dan kaum2nya mengejar Nabi Musa alaihissalam. Firaun dan kaum2nya lemas dalam Laut Merah...

3 comments:

Anonymous said...

Hello, i think that i saw you visited my
blog thus i came to ?return the favor?.I am attempting to
find things to improve my website!I suppose its ok to use some of your ideas!
!
My web-site - here i found it

Anonymous said...

alhamdulillah, bertambah ilmu dr membaca yg sampean tulis.
semoga menjadi amal ibadah, aamiin.

Anonymous said...

subhanallah...tulisan ente dapat menambah wawasan ane n anak2 didik ane.

Post a Comment

komenlah kalu tak malu.. hehehe sila bagi pandangan yang bernas, semoga menjadi ilmu yang berguna...